Manfaat Mengenalkan Si Kecil dengan Sains

Sains atau sebuah ilmu pengetahuan tampaknya selalu menjadi sebuah hal yang menarik dan mengasyikan bagi anak-anak. Selain dapat memenuhi rasa ingin tahu anak, mengenalkan anak-anak dengan sebuah ilmu pengetahuan juga menjadi sebuah hal yang menarik dan juga mengasyikkan bagi anak-anak. Selain dapat memenuhi rasa ingin tahu mereka, mengenalkan tentang sain kepada anak-anak dengan sebuah ilmu pengetahuan menjadi sebuah kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Hal inilah yang pada akhirnya mendorong Birth Club yang diadakan pada September 2017 mengusung “The Scientwo: September Scientific Fun” sebagai sebuah tema dalam acara ulang tahun kedua mereka. Acara tersebut juga diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2019 di Jakarta.

Mengenalkan sebuah Sains akan dapat mengasah rasa ingin tahu dari anak-anak. Birth Club September 2017 merupakan sebuah komunitas dari orang tua yang memiliki anak yang lahir pada bulan September 2017. Komunitas tersebut saat ini sudah beranggotakan 50 ibu dengan 53 anak, dan komunitas ini juga sering berbagi banyak hal, mulai dari isu-isu hangat terbaru dan juga termasuk tips dan juga cara soal parenting. Komunitas Bird Club yang didirikan pada September 2017 tentu ingin merayakan kebahagiaan mereka tersebut. Menjadikan sains atau sebuah ilmu pengetahuan sebagai sebuah tema acara.

Manfaat Mengenalkan Si Kecil dengan Sains

Terbukti di dalam acara tersebut, anak-anak terlihat sangat antusias ketika mereka diperkenalkan dengan berbagai macam keajaiban ilmu pengetahuan yang ada. Anak-anak juga diajak untuk melakukan berbagai macam eksperimen sederhana, seperti balon yang akan tidak meletus ketika ditusuk dengan menggunakan jarum. Ada pula praktik memasukkan cairan ke dalam sebuah bejana kecil dan kemudian diletakkan di atas telapak tangan dan cairan tersebut kemudian dapat ditarik karena suhu panas yang berasal dari tangan dapat melelehkan.

Menjadikan sains sebagai memang sebuah ide yang sangat menarik dan juga memberi banyak sekali manfaat bagi perkembangan anak. Ilmu pengetahuan tersebut menjadi penting dalam kehidupan sehari-hari, karena ilmu pengetahuan tersebut secara tidak langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan. Seperti dari mulai makan, hingga cara berpindah tempat ke satu area ke area lainnya, semuanya melibatkan ilmu pengetahuan. Jika di lihat momen-momen ini sebagai sebuah peluang untuk belajar. Sain juga dapat membuat anak berpikir secara kritis, selain itu masih banyak juga manfaat mengajarkan sains kepada anak sebagai berikut :

Mengembangkan Keterampilan Hidup

Sains membantu anak-anak untuk dapat mengembangkan keterampilan hidup mereka, termasuk juga dengan sebuah kemampuan untuk dapat berkomunikasi, tetap teratur dan juga tetap fokus, hingga membentuk pendapat mereka sendiri berdasarkan dengan pengamatan. Sains juga menjadi sebuah hal yang akan dapat membantu anak-anak mengembangkan indra mereka secara keseluruhan.

Belajar Secara Langsung

Anak-anak sendiri umumnya sangat senang belajar secara langsung. Dan dunia sekitar mereka sudah menyediakan begitu banyak peluang untuk dapat belajar secara langsung. Berinteraksi secara langsung dengan lingkungan mereka, hal tersebut dapat mendukung perkembangan dari intelektual anak.

Waktu Yang Tepat Untuk Belajar

Anak-anak memang dipersiapkan untuk belajar. Apa yang nantinya mereka pelajari ketika di usia mereka yang masih muda, dapat mempengaruhi minat dan juga bakat mereka di kemudian hari. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa siswa nantinya mulai mengembangkan minat di dalam sains, teknologi, teknik, dan juga dalam matematika selama mereka berada di usia tingkat sekolah dasar. Memiliki sebuah minat dan pengetahuan di bidang tersebut, nantinya akan dapat memberikan peluang serta karier mereka di masa depan. Tapi sebelum anda mengajarkan sains kepada anak, anda juga harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

Penjelasan dalam keseharian anak

Umumnya, setiap aktivitas yang akan di lakukan sehari-hari selalu saja berhubungan dengan sains. Bahkan untuk beberapa hal sederhana seperti halnya melompat dan juga berjalan memiliki penjelasannya sendiri. Ketika nantinya anak bermain di luar rumah, anda juga dapat menjelaskan tentang jenis-jenis tumbuhan, dan bagaimana cara tumbuhan menghasilkan oksigen.

Ataupun anda juga dapat menjelaskan tentang perubahan cuaca dan juga tentang pergerakan awan yang terjadi di langit. Ketika nantinya mereka tahu bahwa ilmu yang akan mereka dapatkan ternyata merupakan sebuah ilmu yang berhubungan langsung dengan kesehariannya. Ini juga akan membuat si Kecil semakin semangat untuk dapat belajar dan juga bermain di dunia sains.

Tambah informasi dari buku pengetahuan yang menarik

Sebaiknya bermain dengan sains juga dilengkapi dengan berbagai macam sumber informasi yang jelas dan juga mudah untuk dimengerti. Salah satunya yaitu dapat anda temukan dari buku-buku pengetahuan yang menarik.Tidak hanya bermain dan juga mencoba untuk melakukan eksperimen, ajak juga anak anda untuk membaca buku sains agar lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi. Ada banyak juga jenis buku sains untuk anak, namun sebaiknya anda dapat memilih buku yang memang dilengkapi dengan gambar ataupun dengan suara. Ini juga akan semakin membuat anak tertarik untuk belajar.

Dorong anak menggunakan indera

Ketika nantinya anda bermain sains bersama dengan anak anda, doronglah ia untuk dapat menggunakan inderanya. Agar dapat membuat mereka lebih dalam dapat memahami benda-benda dan juga kejadian yang terjadi di sekeliling mereka. Ajaklah anak untuk dapat mengenali berbagai suara, bau, tekstur, rasa, warna, bentuk serta ukuran benda yang akan ia amati di sekelilingnya. Yang lebih mudah, anda dapat mengajaknya bermain menjadi objek permainan.

Menggunakan indera dalam kegiatan edukatif, akan dapat membantu anak untuk mengembangkan pemahamannya akan hal-hal yang ada disekelilingnya. Juga hal tersebut dapat berguna untuk dapat menumbuhkan kemampuan observasi anak dengan cara yang baik.

Perhatikan suasana hati anak

Hal ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu sebelum anda mengajak anak anda bermain dan belajar, sebaiknya pertikan suasana hati anak. Suasana hati juga akan menjadi sebuah hal yang dapat menentukan aktivitas anak. Ketika hatinya sedang tidak baik, entah itu dikarenakan badmood ataupun sedang sakit, maka si kecil pastinya akan sulit untuk memahami permainan sains tersebut. Membuatnya tidak mendapatkan manfaat apapun dari permainan yang telah dimainkan.

Sebaiknya melakukan sebuah permainan ketika suasana hati sedang baik. Ini membuat ia merasa sangat bersemangat dan juga dapat mengikuti sebuah permainan sains dan juga dapat menyerap ilmunya dengan cara yang baik. Kalau anda memperhatikan kelima hal ini, kini saatnya anda dapat bermain sains bersama dengan anak anda.

Mungkin bagi beberapa orang sains dianggap cukup memusingkan. Namun jika hal tersebut diperkenalkan sejak dini kepada anak, hal ini justru bisa menjadi sebuah hal yang cukup mengesankan dan bermanfaat untuk perkembangannya.

Demikian itulah beberapa manfaat yang baik untuk mengenalkan anak anda dengan sains. Dengan mengajarkan anak anda sejak dini, anak nantinya akan lebih mudah untuk memahami kejadian di sekitarnya, anak juga akan mempunyai pemikiran yang lebih luas dibandingkan dengan anak yang tidak diajarkan tentang sains sejak kecil.