Fakta Sains yang Tidak Kamu Pelajari di Sekolah

 

Sebagian besar dimana sekolah yang hanya mengajarkan tentang hal yang biasa saja, tapi pernahkah guru anda yang yang dimana memberikan sebuah wawasan wawasan unik. Sepertinya belum tentu belajar tentang sebuah hitungan-hitungan, anggota tubuh manusia, rasi binatang, makanan dan juga yang lain-lainnya. Mungkin akan terdengar biasa saja bukan ? Penelitian dan juga eksperimen dalam semua ilmu pengetahuan. Bukan tidak mungkin di tengah penelitian dan kemudian ditemukan bahwa pemahaman dalam ilmu pengetahuan yang dimana sudah terlanjur tersebar dan ada secara luas.

Fakta Sains yang Tidak Kamu Pelajari di Sekolah

Berikut ini adalah salah satu pemahaman dari ilmu pengetahuan yang dimana diajarkan di masa lalu pada saat di Sekolah Dasar. Ternyata ada banyak fakta di dunia ini yang pada saat itu belum diajarkan dari buku sesuai dengan kurikulum mereka. Terkadang juga informasi-informasi seperti itu dimana sebenarnya ada, namun cukup tersembunyi dan tidak dibahas secara mendalam di pelajaran sekolah. Sehingga saat dilihat ulang, beberapa fakta tentang sains tersebut cukup bisa mengejutkan. Berikut ini adalah beberapa fakta sains sederhana yang bisa mengejutkan anda. Fakta unik tentang sains di bawah ini tentunya akan membuat anda terkejut karena sebelumnya tidak pernah diajarkan di sekolah.

1. Paus pembunuh sebenarnya adalah lumba-lumba

Mungkin dimana sebagian dari kita yang dimana belum tahu, bahwa paus pembunuh yaitu adalah sebuah anggota terbesar yang ada dari keluarga lumba-lumba. Dalam bahasa Latin, dimana paus pembunuh dijuluki yaitu dengan nama Orca (Orcinus orca). Nama Latinnya yang dimana dari Orcinus yang memiliki arti sebagai “milik Orcus”. Orcus sendiri digambarkan sebagai dewa Romawi dari dunia bawah, dan dimana nama genus sendiri yang kemungkinan merujuk pada sebuah kemampuan berburu paus pembunuh.

Dalam bahasa Latin, dimana orca menerjemahkan sebuah “panci atau guci perut besar,” yang dimana merujuk ke dalam bentuk tubuh dari paus tersebut. Fitur fisik utama yang dimana memastikan orca sendiri adalah lumba-lumba dimana hal ini diperkuat dengan adanya tonjolan lemak yang membantu hewan tersebut dalam ekolokasi dan tentunya hanya ada dan dimiliki oleh lumba-lumba. Orca sendiri yang dimana adalah sebuah binatang yang sangat cekatan, dan juga merupakan binatang yang sangat mudah beradaptasi dan juga mampu berkomunikasi dan mengkoordinasikan pada taktik berburu. Mereka merupakan perenang yang sangat cepat dan hal tersebut dimana terbukti dengan sebuah rekam dengan kecepatan yaitu hingga 54 km per jam! Orca liar yang dimana diketahui dapat menempuh lebih dari 160 kilometer dalam sehari, mencari makan, dan juga bersosialisasi.

2. Tidak bisa mencicipi makanan tanpa air ludah

Agar makanan mampu memiliki rasa, bahan kimia dari makanan yang dimana sebelumnya harus terlebih dahulu larut didalam air liur. Hanya sekali mereka dilarutkan yaitu dalam suatu cairan, bahan-bahan kimia tersebut yang dimana dapat dideteksi oleh reseptor-reseptor pada alat perasa. Selama proses ini, dimana beberapa konstituen air ludah yang akan berinteraksi secara kimia dengan menggunakan zat-zat rasa. Misalnya ion bikarbonat, zat tersebut yang dimana akan dapat menurunkan konsentrasi ion hidrogen bebas atau (rasa asam), dan juga ada beberapa protein dari air ludah yang dimana dapat memberikatan dengan sebuah zat rasa pahit.

Inilah salah satu eksperimen sains cepat yang digunakan untuk menguji hal tersebut. Dimana anda yang juga dapat mencoba dengan mengambil handuk bersih, dan coba gosok lidah Anda sampai terasa kering, lalu kemudian letakkan beberapa jenis makanan yang kering di lidah Anda, satu per satu, seperti halnya kue, pretzel, atau juga beberapa makanan kering lainnya. Setelah sesi ini, cobalah minumlah segelas air dan kemudian ulangi. Apakah anda bisa merasakan sebuah perbedaannya?

3. The Great Barrier Reef adalah struktur hidup terbesar yang ada di Bumi

Dimana dengan panjang lebih dari 2.000 kilometer, The Great Barrier Reef yang merupakan salah satu dari keberkahan alam paling luar biasa yang berada di Australia. Area ini yang dimana diberkati dengan sebuah keindahan yang menakjubkan dari sebuah terumbu karang terbesar yang ada di dunia. Terumbu karang terbesar yang ada di dunia yang terdiri dari dari 3.000, terumbu individu dan juga 900 pulau yang membentang lebih dari 2.300 kilometer yang ada di atas area sekitar 344.400 kilometer persegi. Terumbu karang ini yang dimana terletak di Laut Koral, yaitu di lepas pantai Queensland, Australia.

Tepat di bawah permukaan Laut Koral, dimana telah mencakup yaitu lebih dari 2.000 km dan juga meliputi sebuah area sekitar yang dimana ada 350.000 km persegi, adalah sebuah struktur hidup terbesar yang ada di Bumi dan satu-satunya yang juga terlihat dari luar angkasa. Namun, koloni karang yang dimana rapuh ini yang mulai hancur, dihantam oleh beberapa dampak perubahan iklim, polusi, dan juga bencana yang menjadi buatan manusia.

4. Sel darah manusia membutuhkan sekitar 60 detik untuk membuat sirkuit tubuh

Kita dimana sebagai manusia setidaknya memiliki yaitu sekitar 5 liter darah yang ada di dalam tubuh (setidaknya, kebanyakan orang seperti itu) dan rata-rata jantung manusia yang dimana akan memompa sekitar 70 mL darah keluar pada setiap detak. Jantung yang masih sehat juga akan berdetak yaitu sekitar 70 kali semenit. Jadi, jika nantinya manusia mengalikan jumlah darah yang dapat dipompa oleh jantung dengan jumlah detak yang ada dalam satu menit, maka benar-benar akan mendapatkan sekitar 4,9 liter darah yang akan dipompa per menit, yang hampir sama dengan darah seluruh tubuh kita. Hanya dalam waktu satu menit, jantung yang dapat memompa seluruh volume darah kemudian disalurkan ke seluruh tubuh kita, siapa yang mengira bahwa tubuh kita memiliki sebuah sistem peredaran darah yang secanggih ini?

5. Fakta menarik tentang tulang manusia

Kerangka manusia dewasa yang diketahui memiliki 206 tulang, yang terkecil yaitu adalah tulang sanggurdi. Tulang sanggurdi yang merupakan sebuah tulang di telinga tengah manusia dan juga beberapa jenis mamalia lain yang terlibat dalam sebuah konduksi getaran suara ke dalam telinga bagian dalam. Tulang kecil yang berbentuk sanggul menyala dan mentransmisikannya ke dalam jendela oval, dilakukan secara medial. Bagian paling dalam dari tiga tulang yang ada di telinga tengah.

Tulang paha yang merupakan tulang terpanjang dan juga merupakan tulang terkuat, dan tibia di kaki bagian bawah yaitu adalah yang terbesar kedua yang ada di dalam kerangka manusia. Yang mungkin tidak anda ketahui yaitu bahwa bayi dilahirkan dengan sekitar 270 tulang. Beberapa bergabung bersama ketika tubuh mereka akan tumbuh. Tentunya ada banyak sekali hal yang tidak di ketahui di dalam dunia sains, dari pada yang sudah kita pelajari di Sekolah. Memang, tidak mungkin untuk mampu dan juga sanggup dalam mengetahui semuanya. Tapi, tidak ada alasan untuk tidak berhenti belajar?

Demikian itulah tentang fakta sains yang masih jarang dipelajari di bangku sekolah. Semoga dengan informasi ini dapat menambahkan pengetahuan sains anda.